Berita

Plt. Bupati Pemalang Membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan

PEMALANG, 01 November 2022, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang hari ini melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Desa/Kelurahan di Kabupaten Pemalang. Setelah vacum selama 2 tahun akibat pandemi Covid 19, Bimtek Pengelolaan Perpustakaan kembali dilaksanakan karena di tahun sebelumnya kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 01 – 02 November 2022 di Hotel Winner Pemalang dan diikuti oleh 40 pengelola perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan di Kabupaten Pemalang serta 10 orang staf pelaksana pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang. Dalam pelaksanaannya Dinpusarda Kabupaten Pemalang menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber bimtek.

Kegiatan ini di buka dan diresmikan langsung oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ST. Dalam Sambutanya, Mansur menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi Dinpusarda Pemalang yang sudah menyelenggarakan kegiatan Bimtek karena kegiatan-kegiatan semacam ini sangat perlu dilakukan guna mendorong para pengelola perpustakaan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan guna terciptanya minat baca masyarakat mulai dari sektor desa dan sekolah. “Dengan kegiatan Bimtek seperti ini, peningkatana kualitas sumber daya manusia akan meningkat guna memberikan pelayanan yang profesional dan prima kepada masyarakat terutama siswa dan masyarakat pada umumnya. Ketika kapasitas sumber daya manusia meningkat yang dalam hal ini pengelola perpustakaan maka pengelola bisa menciptakan inovasi-inovasi  yang menarik untuk memndorong dan membantu meningkatkan kegemaran membaca di Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang”, tutur Mansur.

Plt Bupati Pemalang dalam sambutanya juga berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan dan mencermati semua materi yang diberikan oleh narasumber secara optimal sehingga nantinya bisa mengaplikasikan di tempat kerjanya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Mung Supriatin, SE.,M.Si dalam sambutan penyampaian laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana karena adanya alokasi anggaran perubahan tahun 2022 setelah 2 tahun tidak dilaksankan karena adanya pandemi covid 19. Peserta yang di undang adalah 28 pengelola perpustakaan sekolah dan 12 pengelola perpustakaan desa/kelurahan yang belum pernah mendapatkan undangan bimbingan teknis Pengelolaan Perpustakaan. Sedangkan narasumbernya adalah 1 Anggota DPRD Kabupaten Pemalang yang mengampu tentang kebijakan, 2 Narasumber teknis yan merupakan Pustakawan Ahli Madya dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Serta 1 orang Pustakawan Ahli Muda dari Dinpusarda Pemalang.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Desa/Kelurahan mengusung materi tentang:

  1. Kebijakan Pengelolaan Perpustakaan
  2. Administrasi Perpustakaan
  3. Pengolahan Bahan Perpustakaan
  4. Layanan Perpustakaan
  5. Akreditasi Perpustakaan

Salah Satu Narasumber Bimtek dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Drs. Bambang Agus Pamuji dalam wawancaranya menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang baik dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis secara luring . Karena di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah belum berani mengadakan kegiatan bimtek secara langsung namun masih menggunakan metode daring pasca pandemi covid 19. “Pada kesempatan kali, saya sebagai salah satu yang ditunjuk untuk menjadi narasumber akan menyampaikan beberapa materi diantaranya tentang Akreditasi Perpustakaan. Pemalang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang perpustakaannya banyak yang belum terakreditasi sehingga perlu pendalaman materi tentang Akreditasi Perpustakaan”, kata Bambang. (VA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *