Berita

Desa dan Sekolah Tertib Arsip, Pelayanan Masyarakat makin kondusip

Pemalang, 17 Maret 2022

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang melaksanakan kegiatan monitoring dan Evaluasi pengelolaan arsip di SMPN 2 Pulosari. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan arsip pada sekolah tersebut baik arsip statis maupun dinamis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang melalui Kabid Arsip, Mung Supriatin, S.E., M.Si menuturkan “kegiatan monev ini dilaksanakan dengan maksud mengukur sejauh mana desa maupun sekolah bisa menerapkan ilmu yang dibagikan oleh tim pembenahan arsip dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang dalam mengolah dan mengelola arsip sesuai dengan aturan yang berlaku”. Disamping itu, Kabid Arsip juga menyampaikan bahwa kegiatan ini jg bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja tim dalam pelaksanaan pembenahan pada tahun sebelumnya. “kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi tim apakah perlu ada metode baru untuk pelaksanaan pembenahan arsip di tahun berikutnya supaya desa maupun sekolah bs lebih optimal dalam mengelola arsip” Kabid Arsip.

Kegiatan monev bidang kearsipan dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai dengan 17 Maret 2022 pada lokus yang berbeda.

Di tempat kerjanya, Sekdes Gunungjaya sebagai salah satu lokus monev bidang kearsipan menyampaikan bahwa kegiatan pembenahan kearsipan sangatlah perlu dilaksanakan secara rutin dan ditindaklanjuti dengan monev seperti ini ditahun berikutnya. Karena sangat berpengaruh bagi perangkat desa terutama saat mengolah arsip seperti Arsip Vital (Leter C). “Sebelum dilaksanakan pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang, kami mengolah arsip-arsip belum sesuai aturan yang berlaku sehingga dalam proses temu kembali arsip membutuhkan waktu yang lama. Namun setelah adanya pembenahan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang pengelolaan arsip jadi lebih baik, tertata dan mudah saat arsip tersebut dibutuhkan. Manfaat dari pembinaan kearsipan, arsipnya menjadi lebih rapi dan mudah ketika dibutuhkan” tutur sekdes Gunungjaya Kec. Belik. (VA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *