Berita

“Babu Unik” sebagai Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

PEMALANG, 13 Juni 2022, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang hari ini melaksanakan kegiatan rutin Fasilitasi Pelatihan Pascabaca “Babu-Unik” Baca Buku untuk Implementasi Kreatif bagi para pemustaka, sebutan bagi masyarakat yang memanfaatkan layanan perpustakaan baik secara onsite maupun secara digital melalui Aplikasi i Pemalang “Klik Pintar”.

Layanan Fasilitasi Pelatihan Pascabaca “Babu-Unik” ini merupakan bentuk implementasi dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang sekarang sudah menjadi Program Nasional yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun daerah.

Namun ada yang berbeda pada pelaksanaan kegiatan kali ini, yaitu kegiatan Layanan Fasilitasi Pelatihan Pascabaca “Babu-Unik” biasanya dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Pemalang dengan peserta seluruh masyarakat Pemalang yang berminat mengikuti Pelatihan. Untuk tahun 2022 ini, kegiatan pelatihan dilaksanakan pada desa-desa dampingan yang menjadi kategori desa miskin di daerah Kabupaten Pemalang salah satunya adalah Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan.

Dalam sambutanya, di Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang Abdulatip, S.IP menyampaikan bahwa dalam 1 bulan ini dinasnya akan memberikan layanan Fasilitasi Pelatihan Pascabaca “Babu-Unik” kepada masyarakat di 4 desa dampingan yang menjadi kategori desa miskin yaitu Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan, Desa Klareyan Kecamatan Petarukan, Desa Bantarbolang Kecamatan Bantarbolang dan Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang. “Ini merupakan petunjuk Bapak Bupati Pemalang, bahwa setiap OPD harus mendukung dan mendorong upaya penanggulan desa miskin dengan kegiatan-kegiatan yang bisa memfasilitasi masyarakat supaya bisa meningkatkan kapasitasnya dalam meningkatkan kualitas hidup baik dari segi pendidikan, ekonomi, agama, dan aspek sosial lainnya. Sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan Kreasi Hand Bouquet ini, saya harapkan semua peserta khususnya dari Desa Kalirandu bisa menambah keterampilan dan bisa menambah tambahan penghasilan”, tutur Abdulatip.

Pada waktu yang sama, Kepala Desa Kalirandu dalam sambutanya menyampaikan “kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Pemalang melalui Dinpusarda Kabupaten Pemalang yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini. Kami harapkan peserta mampu mengikuti pelatihan dan nantinya bisa mengaplikasikanya dirumah masing-masing dan bisa sebagai salah satu sarana untuk peningkatakan kualitas hidup terutama dibidang ekonomi”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng komunitas Literasi yaitu Komunitas “Keranjang Apem” (Kerajinan Anak Pemalang) sebagai narasumber. Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang juga bersinergi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pemalang. (Va)

Keterangan gambar: Praktik pembuatan kreasi hand bouquet

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *