Berita

Pandemi Putus, Baca Buku JALAN TERUUUSS

Pemalang – Senin, 14 Februari 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang kembali memberikan layanan perpustakaan keliling ke sekolah di Kabupaten Pemalang setelah hampir 2 tahun tidak memberikan layanan ke sekolah karena pandemi Covid 19. Kegiatan ini dilaksanakan kembali setelah beberapa sekolah diberikan izin untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang.

Layanan perpustakaan keliling adalah salah satu produk layanan yang sudah rutin dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang sejak sebelum masa pandemi. Terdapat 6 unit kendaraan operasional perpustakaan keliling yang memberikan layanan perpustakaan ke desa-desa dan sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Pemalang.

Pada masa pandemi ini, pelayanan perpustakaan keliling juga sangat menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti menyiapkan handsanitizer di setiap armada kendaraan perpuling, menyiapkan masker, dan menseterilisasi koleksi bahan pustaka yang ada di setiap armada perpusling.

Salah satu sekolah yang mendapatkan layanan perpusling adalah SMP Negeri 1 Bodeh. Pada kesempatan ini, petugas perpusling sempat berbincangdengan pihak sekolah yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Sekolah,Miss Yuli.

Miss Yuli mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa di sekolahnya. Dengan sistem PTM terbatas kali ini (50% masuk dan 50% belajar dirumah) siswa bisa memanfaatkan koleksi bahan perpustakaan sebagai penunjang dan pengembangan pengetahuan selain dari buku pelajaran. Disamping itu, dengan memanfaatkan buku-buku di perpustakaan siswa juga bisa paling tidak mengurangi penggunaan gawai (smartphone)minimal 30 menit sampai dengan 2 jam saat dirumah. Oleh karena itu, pihaknya berharap koleksi bahan pustaka yang ada diperpustakaan terutama perpustakaan keliling bisa ditambah secara berkala terutama koleksi-koleksi fiksi seperti cerpen, novel, dongeng dan lain sebgainya.

Pada kesempatan lain, ditemui di tempat kerjanya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Kepala Bidang Perpustakaan Bapak Nurokhman, S.IP menyampaikansangat memgapresiasi tinggi kepada sekolah sekolah yang mau mengarahkan siswa siswinya untuk memanfaat layanan perpustakaan baik perpustakaan keliling maupun perpustakaan di sekolahnya sendiri. Pihaknya juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk menambah koleksi bahan bacaan yang di butuhkan para siswa sekolah dan masyarakat pada umumnya.

“selama masa pandemi covid 19, dua tahun terakhir memang pihak Perpusda Kab. Pemalang tidak ada kegiatan pengembangan koleksi bahan pustaka dari pembelian terkait anggaran yang terserap untuk dana penanganan covid 19. Namun pihaknya terus berupaya dengan berinovasi untuk bisa menambah koleksi dengan cara membuat kegiatan Gerakan Hibah buku atau disingkat “Gerabahku” bagi pejabat publik setempat maupun masyarakat Pemalang. Jadi, masyarakat bisa menghibahkan koleksi bukunya ke Perpusda Kab. Pemalang dengan sukarela dan tentunya koleksi-koleksi yang sudah tidak dibaca dirumah namun masih layak baca serta informasinya masih dibutuhkanmasyarakat.

Kegiatan layanan perpustakaan keliling dilaksanakan dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan informasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang terutama di daerah punggung yang sulit untuk menjangkau Perpustakaan Daerah yang berada di pusat kota Pemalang. (VA)

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *