Berita

Fasilitasi Pascabaca Perpustakaan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Pemalang, 15 Juni 2022

Setelah 2 hari melaksanakan kegiatan Fasilitasi Pascabaca di Desa Kalirandu dengan Kreasi Hand bouquet, hari ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten melanjutkan kegiatan yang sama di Desa Klareyan Kecamatan Petarukan dengan Tema Pelatihan “Pengolahan Ikan Lele menjadi Abon dan Krupuk Kepala Lele”.

Kegiatan ini di ikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari para ibu rumah tangga yang diharapkan nantinya bisa mengembangkan kualitas dirinya terutama di bidang ekonomi dan pendidikan. Dalam sambutanya, Kepala Desa Klareyan Wiharnyo, ST. mengatakan “saya sangat bersyukur sekali karena diberikan kegiatan layanan perpustakaan berupa pelatihan pengolahan Abon lele dan kerupuk kepala ikan. Hal ini terkait potensi bahan baku ikan lele yang lumayan banyak di Desa Klareyan ini. Jadi masyarakat terutama yang manjadi peserta pelatihan ini bisa mempraktikan apa yang nanti diajarkan, syukur-syukur bisa sebagai ladang penambah rezeki bagi mereka. Selama ini ikan lele yang saya tau sebatas hanya diolah standar umumnya msyarakat, sehingga nilai jualnya juga standar. nah, saya harapakan setelah iniĀ  para peserta bisa menjadi salah satu contoh dalam pengembangan kualitas diri minimal bagi keluarga dan masyarakat sekitar.”

Pelatihan Pengolahan Abon Lele dan Kerupuk Kepala Ikan ini dilaksanakan dengan langsung praktik dilapangan mulai dari cara membersihkan lelenya sampe proses pemasakan. yang ditunjuk menjadi narasumbernya adalah salah satu mitra Disperindagkop Kabupaten Pemalang yaitu Ibu Tarmini yang sudah menguasai tentang Olahan Lele.

Pada pelaksanaanya selain peserta mendapatkan ilmu juga mendapatkan hasil praktik pengolahan berupa abon dan krupuk kepala lele untuk dibawa pulang. Setiap peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mempraktikan cara pengolahan dengan metode kelompok. (Va)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *