Kategori
Berita

Riwayat Singkat Kyai Makmur


KYAI MAKMUR
Kyai Makmur dilahirkan di Desa Pelutan ( Sekarang Menjadi Keluarahan Pelutan ) Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Pada Tahun 1906, Ayahnya bernama KH Nawawi Berasal dari Karanganyar Kabupaten Tegal adalah Seorang pengulu dan menjadi imam sholat di Masjid Agung Pemalang
Kyai Makmur Merupakan anak pertama dari sebelas bersaudara dari pasangan suami istri KH. Nawawi dan Hj. Rubae’ah  Sebagai cucu dan anak Seorang ulama.
makmur kecil sebelum berusia tujuh tahun di perkenalkan dan diajari huruf arab dan membaca kitab suci Al-qur’a, Pelajaran tersebut diperoleh dari lingkungan keluarga dan pada usia tujuh tahun ia dimasukan ke sekolah GOUVERMENT ( Pemerintah ) yaitu Hollandsch-Irlandschc School ( HIS ) Bersama kakak sepupunya yaitu Komar zen, lalu ia tamat dari HIS tahun 1920 dan memperoleh ijazah.
Pada tahun 1921 ia dimasukan ke pesantren grobogan dan kemudian pindah ke Pesantren Godong di Purwodadi, tidak diketahui sebabya setelah kurang lebih satu tahun ia keluar dan kembali ke pemalang.
Tahun berkutnya 1922 Makmurremaja bersama kakak sepupunya Komar zen memasuki pesantren Jamsaren Solo Yang dipimpin KH. Idris, Setelah Mengenyam tiga tahun di pesantren tersebut dan tahun 1925 Makmur dewasa kembali ke Pemalang.
Tidak lama berada dirumah pada tahun itu juga ia untuk ketiga kalinya bersama komar zen masuk ke pesantren Tebu ireng Jombang yang di pimpin oleh KH. Hasyim Asy’ari ; selama 6 tahun belajar di pesantren Tebu ireng Tahun 1932 ia kembali ke pemalang dan Pemuda Makmur menuruti dan Melaksanakan  yang diharapkan oleh KH. Hasyim Asy’ari.
tak lama kemudian Pemuda Makmur Menikah dengan Samnah anak Mantan Penghulu Taman yang berasal dari tegal.
Setelah Menikah ia pindah ke Taman dan tinggal bersama mertuanya, dari pernikahanya ia dikaruniani empat orang anak yaitu tiga orang laki-laki dan satu perempuan.
Keempat anaknya itu adalah; Drs. Abdul Hamid ( Meninggal tahun 1997 ), Azah, Abdul Haq dan Abdul Halim ( Meninggal pada usia satu setengah tahun )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *